Masyarakat Tenggara Sudah Cerdas Pangkas Primordialisme Pilkada Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Masyarakat Tenggara Sudah Cerdas Pangkas Primordialisme Pilkada Maluku


AMBON - BERITA MALUKU.
Primordialisme sudah mulai diarahkan, bahkan dijadikan isu dalam kontestasi Pilkada Maluku, yang mengerahkan masyarakat tenggara untuk mendukung salah satu calon tertentu. 


Selain dapat mengancam dan membahayakan keberagaman sebagai bangsa, juga akan merusak tatanan kehidupan masyarakat Maluku yang diwariskan para leluhur terkait budaya hidup orang Basudara.


"Cara politik seperti ini justru akan merusak hidup orang Basudara di Maluku akibat ego sentris yang di lakukan, bahkan yang lebih parahnya lagi adalah menciptakan tembok dan membatasi masyarakat Maluku dalam mewujudkan perdamaian," ujar Adolf Bastian Masawunu.S.IP, Sekretaris bidang strategi dan politik Himpunan mahasiswa pemuda Lelemuku kabupaten kepulauan Tanimbar-Ambon dalam release yang diterima, Senin (02/09/2024).


Menurutnya, perlu adanya peningkatkan pendidikan politik terhadap masyarakat selaku pemilih, dalam menentukan pilihan berdasarkan hati nurani, yang mengaju sesuai visi dan misi serta program yang ditawarkan oleh setiap kandidat pasangan calon kepala daerah.


Upaya tersebut diharapkan dapat mengikis primordialisme buta yang kerapkali terjadi di tahun-tahun politik sebelumnya. Sehingga dapat mengingatkan agar pemilih tidak terjebak pada simbol, rasa kesukuan atau kelompok tanpa melihat visi, misi sosok calon tertentu.


"Terkait isu yang beredar bahwa seluruh Masyarakat Tenggara sepakat untuk memberikan suaranya kepada salah satu calon Gubernur Maluku itu hanya omon-omon. kami tentunya memilih pemimpin yang bisa melihat seluruh masyarakat Maluku lima tahun kedepan dengan baik bukan yang hanya melihat keluarga, kerabat, dan kolega," ungkapnya. 


Ia juga mengingatkan tentang pentingnya Masyarakat dalam mengambil bagian dalam tahun politik ini. Sebab jika tidak ikut mengambil bagian, maka orang lain yang akan mengambil kekuasaan tersebut.


"Saya kira Masyarakat Maluku Tenggara mulai dari ujung Pulau Kei sampai Kabupaten Maluku Barat Daya sudah cerdas, bisa memahami pentingnya politik dalam berbangsa dan bernegara. Sebab, tanpa ikut serta dalam politik maka dipastikan orang lain yang akan mengambil kekuasaan," pintanya.


Sekretaris bidang strategi dan politik Himpunan mahasiswa pemuda Lelemuku kabupaten kepulauan Tanimbar Ambon itu berharap kepada seluruh elemen organisasi kepemudaan agar dapat bekerjasama dalam melawan problem ini, dengan melakukan diskusi dan sosialisasi pemilu, dalam upaya mencerdaskan masyarakat.


Pilkada Maluku 4565931967532045469
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks