DPRD Maluku Koordinasikan Penanganan Jalan Rusak | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

DPRD Maluku Koordinasikan Penanganan Jalan Rusak


AMBON - BERITA MALUKU.
Hujan deras yang terus menguyur seluruh wilayah Maluku mengakibatkan sejumlah daerah terdampak bencana, terutama jembatan ambruk dan jalan yang rusak akibat longsor.


Peristiwa bencana itu sebagian besar terjadi pada ruas jalan nasional, terutama di jalan trans Seram dan Kabupaten Buru - Kabupaten Buru Selatan. 


Menindaklanjuti hal tersebut, DPRD Maluku terus berkordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Maluku untuk melakukan penanganan awal, sehingga akses transportasi bisa berjalan kembali normal.


"Di Seram beberapa ruas jalan yang putus, bahkan sampai Seram selatan, begitu juga di Buru. Kami terus berkoordinasi dengan balai jalan untuk melakukan penganan hal tersebut," ungkap Anggota Komisi III DPRD Maluku, Anos Yeremias kepada wartawan di rumah rakyat, karang panjang, Ambon, Jumat (12/07/2024).


Dikatakan, dari hasil koordinasi dengan Kepala BPJN Maluku, S. Bambang Widyarta, telah dilakukan pembersihan dan pembinaan terhadap 18 jembatan di Seram selatan.


"Kami juga berkoordinasi dengan Kepala BPJN Bambang, Kasatker I Bagus, Kasatker II Toce Leuwol, dan semua satker dan satgas kita selalu komunikasi, kalau kita menunggu, atau mengundang rapat di gedung DPRD kadang-kadang tidak cukup waktu, karena saat-saat tertentu mereka ada di lokasi. Jadi koordinasi selalu kita bangun, karena jangan akses yang terputus menghambat aktifitas ekonomi rakyat kita," tuturnya. 


Menurut Anos, walaupun keterbatasan personil BPJN selalu sigap dalam penanganan peristiwa bencana yang terjadi pada jalan maupun jembatan.


Hal ini tentu berbeda dengan OPD Pemerintah Provinsi Maluku, dimana penanganannya tidak langsung dilakukan, karena keterbatasan anggaran. 


"Dia berbeda dengan OPD kita anggaran terbatas, sehingga ketika terjadi longsoran di ruas jalan milik provinsi, kita menunggu sampai habis tahun. Tapi luar biasa BPJN, ketika terjadi masalah di Buru mereka sigap. Sekali lagi terima kasih kepada BPJN atas kesigapannya mengantisipasi menyelesaikan bencana, dan sampai hari ini akses masyarakat berjalan dengan baik," pungkasnya.


Dewan 1661527332299883031
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks