500 Mahasiswa Dari Seluruh Indonesia Ikut KKN Kebangsaan Di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

500 Mahasiswa Dari Seluruh Indonesia Ikut KKN Kebangsaan Di Maluku


AMBON - BERITA MALUKU.
Sebanyak 500 Mahasiswa yang berasal dari 70 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Provinsi Maluku.


KKN yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjendikti Ristek, Kemdikbud RI akan berlangsung sampai 24 Agustus 2024. 


Pembukaan KKN Kebangsaan, Jumat (26/07/2024), dirangkai dengan Pencanganan Zona Integritas Universitas Pattimura oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbud RI Abdul Haris.


Hadir juga pada kesempatan itu Penjabat Gubernur Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Rektor Universitas Pattimura beserta jajaran, Rektor Unibersitas Negeri maupun Swasta se-Indonesia, stakeholder terkait.


Dirjen Pendidikan Tinggi, Risen dan Teknologi Abdul Haris, mengatakan KKN Kebangsaan selama ini berkontribusi secara positif dalam membentuk karakter mahasiswanya untuk mempertahankan nilai luhur, lokalitas, indentitasnya serta tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai.


Hal ini sangat penting dalam merajut kebhinekaan dalam bingkai kebangsaan yang harus dipertahankan sebagai karakter bangsa Indonesia.


Sementara itu, Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, menegaskan KKN kebangsaan merupakan salah stau program pendidikan yang wajib diikuti oleh mahasiswa di Indonesia, yang bertujuan selain untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan dan keahlian, juga untuk meningkatkan persaudaraan nusantara, sekaligus sebagai wadah bertukar ilmu pengetahuan antar sesama yang diaplikasikan secara langsung nanti di lapangan.


“Untuk itu kepada seluruh peserta tunjukan bahwa kalian adalah mahasiswa yang cerdas, kreatif dan memiliki semangat juang yang tinggi, junjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam setiap tindakan kalian,” tegas Sadali.


Ia  juga berharap seluruh peserta dapat berbaur dengan masyarakat, menjadi bagian dari mereka, mendengarkan aspirasi mereka, memahami kebutuhan mereka dan membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Seluruh peserta juga dapa menjadi agen perubahan, ciptakan program inovatif dan kreatif yang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, serta jagalah nama baik almamater, hindarilah perbuatan yang dapat mencoreng martabat sebagai insan intelektual.

Pendidikan 1151289017894364093
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks