BIN Pastikan Kondisi Maluku Masih Aman Jelang Pemilu | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BIN Pastikan Kondisi Maluku Masih Aman Jelang Pemilu


AMBON - BERITA MALUKU.
Badan Intelijen Nasional (BIN) memastikan situasi Provinsi Maluku menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari masih dikategorikan aman.


Kepastian ini disampaikan Kepala BIN Daerah Maluku, Brigjen TNI Anton Irianto Popang, kepada wartawan usai mengikuti seminar dan dialog kebangsaan di aula auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Rabu (31/01/2024).


Dikatakan, dari hasil pengawasan yang dilakukan, belum ditemukan adanya potensi konflik yang bisa menganggu jalannya pesta demokrasi lima tahunan ini.


Hanya saja, menurutnya terdapat intrik-intrik kecil, namun hal tersebut dapat diantisipasi lewat komunikasi, dan koordinasi dengan stakeholder termasuk kepolisian.


"Sampai dengan saat ini potensi konflik memang belum ada, tapi dari beberapa kejadian yang kita bisa lihat sampai dengan saat ini hingga tahapan pemilu berjalan saat ini memungkinkan kita bisa di antisipasi. Namun saat ini dengan untuk terjadi konflik dalam rangka untuk menggagalkan pemilu belum ada,"tuturnya


Ditanya titik rawan konflik, Anton mengakui hingga kini baru hanya sebatas penyebaran hoax yang berlebihan berupa fitnah dan sebagainya. Namun semua itu, sudah di counter dengan penyampaian informasi yang benar.


"Sampai sejauh ini masih sebatas penyebaran hoax yang berlebihan, apakah fitnah dan sebagainya, kita sudah counter dengan menjelaskan kebenaran. Tapi kalau yang memfitnah kita coba mengkomunikasikan agar yang memfitnah tidak melakukan lagi berdasarkan hasil pemantauan patroli cyber,"bebernya.


Lebih lanjut kata Anton, BIN tidak segan-segan mengambil langkah ekstrem bagi pihak-pihak yang ini merusak jalanya menganggu jalannya Pemilu.


"Jika ada pihak-pihak yang ingin membahayakan bangsa dan negara atau pemilu kita akan langkah yang lebih ekstrem. Jika ada unsur potensi pidana, kita mencari bukti bukti dan berikan, apalagi di dalam BIN sudah ada penegakan hukum semua ada, baik kepolisian, kejaksaan maupun Bawaslu,"tandasnya.


Anton juga memastikan akan melakukan berbagai upaya dalam rangka memastikan agar tahapan pemilu bisa berjalan lancar, aman dan baik.


"Sesuai petunjuk Kepala BIN bersiap membantu, agar seluruh penyelenggaraan pemilu seluruh tahapan hingga perhitungan berjalan dengan baik,"pungkasnya.



Pilkada Maluku 2397443395671891197
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks