DPRD Maluku Setujui APBD Perubahan 2023 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

DPRD Maluku Setujui APBD Perubahan 2023


AMBON - BERITA MALUKU
. DPRD Provinsi Maluku menyetujui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2023.


Persetujuan tersebut disepakati setelah seluruh fraksi menerima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan yang diusulkan Pemerintah Daerah Maluku.

Kesepakatan ditetapkan rapat paripurna pendapat akhir fraksi di rumah rakyat, karang panjang, Ambon, Selasa (10/10/2023). Dipimpin Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun, dihadiri oleh Wakil Gubernur Barnabas Orno, serta beberapa pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun dalam sambutannya mengatakan APBD Perubahan yang ditetapkan disertai dengan berbagai catatan kritis, saran, masukan bahkan koreksi bersifat konstruktif untuk diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam tahapan implementasi Ranperda.

Kritik serta masukan berupa penegasan terkait pemindahan ibukota provinsi, masalah SMA Siwa lima dan praktek kekerasan yang terjadi pada anak dan perempuan, termasuk siswa-siswi.

Hal lainnya berkaitan dengan permasalahan janji dan visi kampanye Gubernur yang mesti harus diselesaikan, termasuk paling penting anggaran pelaksanaan Pilkada di seluruh provinsi Maluku, yang ditempatkan pada KPU dan Bawaslu, berdasarkan Surat Edaran Mehteri Dalam Negeri nomor 900.1.9.1/435/SJ tanggal 24 Januari 2023, dan SE nomor 900.1.9/5252/SJ tanggal 29 September 2023.

"Karena itu, pendanaan bagi pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, Wali Kota- Wakil Wali Kota tahun 2024 kiranya dapat ditetapkan, dan dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan pelaksanaan Pemilukada," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Barnabas Orno, mengatakan APBD Perubahan 2023 mengindikasikan begitu besar perhatian, dan kesungguhan dewan yang terhormat terhadap pembangunan daerah, dan  pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Maluku.

Bahkan berbagai kontribusi pemikiran dewan dalam menyikapi Ranperda Provinsi Maluku tentang Perubahan APBD TA 2023 yang dirangkum dalam kata akhir fraksi-fraksi akan menjadi perhatian Pemda untuk ditindaklanjuti  demi penyempurnaannya.

"Kita tentu menaruh harapan besar agar Ranperda tentang perubahan APBD 2023 yang dibahas dan disetujui bersama benar-benar menjadi momentum penting dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang lebih berkualitas untuk peningkatan kesejahteraan rakyat di Maluku," ucapnya.

Wagub berharap dengan ditandatanganinya persetujuan bersama terhadap Ranperda Provinsi Maluku tentang Perubahan APBD TA 2023, jalinan kerjasama sebagai Mitra dalam penyelenggaraan pemerintah daerah terus terpelihara dengan baik.
Dewan 1340638571692667000
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks