Gubernur Murad Pimpin Upacara HUT RI Ke-77 | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Murad Pimpin Upacara HUT RI Ke-77


AMBON - BERITA MALUKU.
Walaupun sempat di guyur hujan gerimis, namun Upacara Bendera HUT RI ke-77 di Kota Ambon, Provinsi Maluku berlangsung Khidmat. 


Upacara yang berlangsung di lapangan Merdeka, Rabu (17/08/2022), dipimpin Gubernur Murad Ismail selaku Inspektur upacara, dan komandan upacara AKBP Denny Candera (Komandan Batalyon A Pelopor Brimob Polda Maluku). 


Dalam pengibaran bendera, Shelma Mahmud Kalisa (SMA Negeri 13 Ambon dipercayakan sebagai pembawa Bendera. Bertindak selaku pengibar bendera Ronaldo Ngarbingan (SMK Siwalima), Ardiansyah Pacina (SMA 1 Buru) dan Yufron Tuarita (SMA Negeri 11 Ambon). 


Pengibaran bendera oleh Paskibra dipimpin Letu Inf Agung dwi Prabowo mendapat tepuk tangan dari tamu undangan karena sukses mengibarkan bendera. 


Dalam momentum bersejarah ini, juga diwarnai   kolaborasi Terompet dan Hadrat dari puluhan para pemuda dan remaja, dengan membawakan sejumlah lagu perjuangan. 


Para peniup terompet dan pemain hadrat juga berkolaborasi dengan organ tunggal untuk mengiringi paduan suara "Hotumese" dari Universitas Pattimura yang dipercayakan membawakan aubade lagu-lagu perjuangan.


Sejumlah lagu yang dinyanyikan paduan suara diiringi musik kolaborasi diantaranya "Hari Merdeka", Pancasila Rumah Kita yang diciptakan Frangky Sahulatua serta lagu Maluku "Gandong e" yang liriknya lebih menggaungkan persaudaraan dan kekeluargaan.


Dalam upacara, Para peserta upaya yang sebagian besar adalah Forkopimda, pimpinan oerganisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, BUMN, BUMD serta perbankan juga dibuat terkejut dengan penampilan Gubernur Murad yang tampil solo menyanyikan lagu "Maluku Tanah Pusaka."


Dengan menggunakan pakaian kebesarannya "Upulatu" Maluku, Gubernur melantunkan lagu yang diciptakan Edy Latuharhary itu dengan suara baritonnya yang merdu. Penampilan Gubernur juga mendapat aplaus dari seluruh peserta upacara maupun warga yang menyaksikan momentum sejarah itu dari pinggir lapangan merdeka.


"Kemerdekaan ini harga mati yang harus dinikmati seluruh masyarakat. Merdeka atau Mati. Mari bersama bekerja untuk kemajuan bangsa dan negara," ujar Gubernur Murad di tengah konser dadakannya itu.


Sekedar tahu, peringatan HUT Kemerdekaan RI dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kota, serta Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon.


Pemprov 3424798862083337954
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks