Susi: Sumber Penghasil Ikan Terbesar Indonesia Ada di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Susi: Sumber Penghasil Ikan Terbesar Indonesia Ada di Maluku

Ambon - Berita Maluku. Menteri Keluatan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengaku sumber penghasil ikan terbesar di Indonesia ada di Maluku, dan satu hal yang sangat menyedihkan, sumber terbesar tersebut tidak dinikmati oleh masyarakat di Maluku.

"Harus diingat, sumber penghasil ikan terbesar di Indonesia adalah Maluku, dan satu hal yang sangat menyedihkan sumber terbesar tersebut tidak dinikmati oleh masyarakat di Maluku," ungkap Susi saat melakukan tatap muka dengan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, berlangsung di ruang Paripurna DPRD Maluku, Kamis (11/12/2014).

Susi juga mengatakan bahwa selain Indonesia memiliki laut terpanjang tapi juga terluas ke dua di Dunia, namun sayangnya Indonesia hanya menjadi negara eksportir ke lima di Asia.

“Indonesia berada di urutan terbawah. Itu sebab laut Indonesia lebih banyak didatangi kapal-kapal dari luar. Bukan puluhan atau ratusan saja kapal yang datang, tapi sudah mencapai ribuan kapal dengan daya angkut mencapai ratusan Gros Ton (GT)," ungkap Susi.

Menurutnya, bila dibandingkan dengan Thailand yang luas lautnya bahkan pantainya sepersepuluh dari negara kita tetapi mereka menjadi eksportir terbesar di Asia.

"Mengapa hal itu sampai terjadi, karena Thailand mengabil hasil lautnya kebanyakan dari Indonesia," bebernya.

Susi menjelaskan, ijin kapal yang dikeluarkan oleh Direktoral Jenderl (Dirjen) Kelautan dan Perikanan hanya mencapai 1.826 perijinan, tapi kenyataannya aktivitasnya melebihi yang ada.

"Hal ini yang mengakibatkan terjadinya pelanggaran yang sangat luar biasa karena perijinan tersebut dapat difotokopi oleh para pelaku usaha perikanan dan perkapalan,' jelasnya.

Susi pun menegaskan, "dengan diresmikan Pengadilan Perikanan Kota Ambon maka nantinya akan memberikan kemudahan untuk penegakan hukum yang berkaitan dengan pelanggaran kelautan dan perikanan. Baik itu untuk perijinan kapal-kapal nelayan dengan GT yang besar atau juga untuk kapal-kapal asing yang masuk melakukan aktivitas penangkapan ikan di laut Maluku, sehingga kedepan dengan laut yang sangat luas ini maka Maluku akan menjadi garda terdepan bagi Indonesia untuk eksportir ikan terbesar di asia nantinya,” kata pemilik Susi Air ini. (bm 06)
Utama 281627690648422354
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks