Pemkot Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran

Ilustrasi
Ambon - Berita Maluku. Kebakaran yang belakangan ini menjadi trend di Kota Ambon membuat pemerintah Kota Ambon melalui kantor Satuan Pemadam Kebakaran melakukan simulasi penanggulangan bencana kebakaran untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan yang ada selain untuk mengantisipasi kemungkinan keadaan darurat yang terjadi.

Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru saat membuka simulasi penanggulangan bencana kebakaran di lapangan upacara Kota Ambon, Jumat (12/1/2014) mengatakan, dari hasil identifikasi terhadap banyaknya jumlah kebakaran di Kota Ambon diakibatkan selain oleh arus pendek, pemanfaatan lilin, dan peralatan masak elektronik.

“Untuk mengatasi kebakaran di tengah masyarakat, kantor satuan pemadam kebakaran Kota Ambon diminta untuk selalu siap dan berperan lebih baik secara dini untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat ditimbulkan oleh bahaya kebakaran."

Tahun 2015 mendatang kantor satuan pemadam kebakaran sudah dapat membentuk satuan-satuan tugas atau tenaga sukarela yang ada di kecamatan, kelurahan desa dan negeri yang ada di kota Ambon agar ketika terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing, mereka adalah orang pertama yang ada di tempat untuk membantu petugas pemadam kebakaran sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang.

Dikatakan tenaga sukarela ini juga akan dilatih sedemikian rupa sehingga mereka dapat juga menggunakan alat pemadam kebakaran yang dimiliki pemerintah karena tidak mudah menggunakan pelaratan pemadam kebakaran kalau mereka yang bukan ahli di bidangnnya.

“Jadi mobil pemadam kebakaran tugasnya hanya memadamkan api sedangkan untuk menyuplai air dari mobil tangki milik masyarakat yang juga akan diberdayakan sehingga mempermudah pemadakam api ketika terjadinya bencana kebakaran,” katanya.

Simulasi yang dilakukan juga melibatkan dua orang dari masing-masing SKPD untuk bisa memperagakan cara pemadaman api secara sederhana. (ev/mg-bm015)
Pilihan 2931820683424824467
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks