Ketua MA Resmikan Pengadilan Perikanan Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ketua MA Resmikan Pengadilan Perikanan Ambon

M. Hatta Ali
Ambon - Berita Maluku. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali SH, meresmikan Pengadilan Perikanan (PP) Kota Ambon, dan secara simbolis juga meresmikan dua Pengadilan Perikanan lain yaitu di Sorong (Papua Barat) dan Merauke (Papua).

Peresmian berlangsung di kantor Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Kamis (11/12/2014) yang juga dihadiri Menteri Keluatan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, Gubernur Maluku Said Assagaff dan seluruh anggota Forum Pemerintah Daerah Maluku.

Hatta Ali dalam sambutannya mengatakan, Pengadilan Perikanan Kota Ambon merupakan Pengadilan Perikanan ke tujuh setelah Pelabuhan Perikanan Tual, Bitung, Jakarta Utara, Medan, Pontianak. 5 pelabuhan perikanan ini menurutnya diresmikan pada tahun 2007 dan tahun 2010 meresmikan sebanyak 2 pelabuhan perikanan di Tanjung Pinang dan Romnai.

“Dengan diresmikan pengadilan periakanan di Kota Ambon maka sudah pasti kedepan akan menawab seluruh pelanggaran hukum yang berkaitan dengan kelauatan dan perikanan di Kota Ambon. Karena bagimapun, Laut Maluku yang sangat kaya akan sumber daya kelautan sudah pasti menjadi sasaran empuk bagi para pencuri ikan di laut Maluku,” katanya.

Dikatakan, ini juga dalam rangka memperluas pengadilan perikanan di Indonesia. Karena itu Pembentukan pengadilan perikanan berdasarkan Surat Presiden nomor 06 tahun 2014 tentang pengadilan perikanan Kota Ambon.

Alasan pendirian pengadilan perikanan karena Maluku berbatasan langsung dengan negara luar, baik Australia, Singapura dan negara tetangga lainnya.

Maluku katanya, memiliki sumber daya ikan yang sangat memadai sekaligus merupakan sentra perikanan nasional yang sering menjadi target pencurian bagi kapal dan nelayan asing.

“Dibentuknya pengadilan perikanan di Indonesia ini dengan tujuan agar lokus peradilan perikanan lebih terarah sehingga dapat mengurangi biaya dan waktu. Ini juga dalam rangka merespons program pemerintah yang akan menjadikan Indonesia sebagai negera maritim," sebutnya. (bm 06)
Utama 1239469788443243874
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks