Lebih dari 1.800 Orang Indonesia Belajar Bahasa Jerman, Dubes Jerman Kunjungi SMA Negeri 1 Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lebih dari 1.800 Orang Indonesia Belajar Bahasa Jerman, Dubes Jerman Kunjungi SMA Negeri 1 Ambon

Ambon - Berita Maluku. Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Georg Witschell melakukan kunjungan kerja di Sekolah Menengah Negeri 1 Ambon, Rabu kemarin (8/10). Alasan pemilihan SMA Negeri 1 Ambon karena sekolah unggulan ini lebih dulu menerapkan sistem Paket Aplikasi Sekolah di Ambon, Maluku.

Karena itu, Dubes Jerman berkesempatan untuk mengunjungi SMA Negeri 1 Ambon sekaligus berdialog dengan siswa siswi di sekolah ini. Ia mengajak para siswa agar bisa belajar bahasa asing, Jerman maupun Inggris. ’’Karena penguasaan bahasa asing di zaman modern sekarang ini sangatlah penting,’’ ringkasnya.

Kunjungan Dubes Jerman ke sejumlah daerah di Indonesia, lebih diutamakan pada kunjungan ke lembaga-lembaga pendidikan, baik sekolah maupun universitas. ’’Kalau mau dipilih mana yang lebih penting, antara bertemu gubernur atau wali kota lebih dulu, maka yang lebih penting bagi saya adalah kunjungan ke lembaga pendidikan’’.

Dubes menjelaskan isi kepala jauh lebih penting ketimbang sumber daya alam, tambang mineral maupun minyak.

’’Kalau SDM kita tidak mempunyai kemampuan yang baik, otomatis tidak dapat mengelola SDA dengan baik. Isi kepala menentukan hubungan manusia dengan manusia lain, hubungan negara dengan negara lain, bahkan para pelaku bisnis. Kami dengan pemerintah di daerah bisa melakukan kerja sama melalui penandatanganan MoU, tetapi yang jauh lebih penting adalah terjalin hubungan antara pelajar Indonesia dengan Jerman, guru di Indonesia dengan Jerman, maupun pelaku bisnis kedua negara’’.

Sejauh ini sudah lebih dari 1.800 orang Indonesia yang memelajari bahasa Jerman. Dalam dua tahun terakhir, jumlah mahasiwa Indonesia yang menempuh pendidikan di Jerman naik dari 2500 menjadi 2900. (ev/mg-bm015)
Pilihan 3977912333360489693
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks