Kadis Kesehatan MBD Janji Renovasi Pustu Wasarili Via Proyek PL | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kadis Kesehatan MBD Janji Renovasi Pustu Wasarili Via Proyek PL

Ambon - Berita Maluku. Setelah diberitakan media massa di Ambon, Senin (13/10/2014), Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya Eskol ’Eko’ Valirat berdalih tak mengetahui kondisi terkini Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) di Desa Wasarili, Pulau Wetang, Kecamatan Pulau-pulau Babar, Kabupaten MBD, yang dijadikan kandang ternak warga dan kantor desa alternatif.

Valirat berdiplomasi akan merenovasi Pustu di Wasarili melalui proyek penunjukkan langsung (PL) dalam tahun anggaran (TA) 2014.

’’Sampai sejauh ini saya tidak tahu (soal Pustu Wasarili dijadikan kandang kambing), tapi yang jelasnya, untuk tahun anggaran 2014, dana untuk rehabilitasi (PL/penunjukan langsung) ada dan akan dilaksanakan dalam 2-3 hari ke depan,’’ dalihnya ketika dikonfirmasi pers dari Ambon, Senin (13/10/2014).

Pernyataan Kadis Kesehatan MBD yang baru menggantikan Hans Aipassa itu langsung ditanggapi komponen pemuda Wasarili, Edy Saleky.

’’Mereka (pejabat Dinas Kesehatan MBD) memang penjahat. Masak tidak pernah tahu. Lalu dokumentasi diri dari Pemerintah Kabupaten MBD selama ini di mana. Kan setiap saat didokumentasikan itu. Sejak saya masih kecil, Pustu ini sudah dipotret petugas kesehatan mulai dari Tual, Saumlaki sampai di Tiakur, tapi mana tindak lanjutnya sekarang ini. Muka parlente samua,’’ kritik Saleky dengan gusar.

’’Jang karja par makang pancuri saja,’’ imbuhnya mengkritik.

Sebagaimana diberitakan, bangunan Pustu di Wasarili, Pulau Wetang, Kecamatan Pulau-pulau Babar, Kabupaten MBD, yang dibangun sejak 1981 hingga kini telah beralih fungsi sebagai Kantor Desa Wasarili karena tak pernah direnovasi Pemkab setempat sejak 2008 hingga saat ini.

Selama lebih kurang 30 tahun, kondisi Pustu di Wasarili sangat memprihatinkan karena tak terurus dengan baik. Karena tak pernah direnovasi, bangunan Pustu Wasarili selama puluhan tahun dijadikan kandang kambing oleh penduduk setempat. Warga mempertanyakan sejauh mana realisasi pemanfaatan miliaran rupiah dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di MBD sejak 2010 hingga 2014. (bm03/bm09/bm01)
Pilihan 1039774295786463140
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks