Desak Kapolda Copot Kapolres dan Wakapolres SBT dan Minta Bupati SBT Meminta Maaf ke Publik | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Desak Kapolda Copot Kapolres dan Wakapolres SBT dan Minta Bupati SBT Meminta Maaf ke Publik

HMI Demo di Depan Gong Perdamaian Dunia

Ambon - Berita Maluku. Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Ambon tahun 2014-2015 melakukan demonstrasi besar-besaran di Kota Ambon, Maluku, mengecam aksi brutal aparat kepolisian Resort Kepolisian Seram Bagian Timur (SBT), Jumat kemarin (3/10/2014).

Menurut pendemo dalam orasinya, HMI menilai sejatinya telah menampar wajah institusi Kepolisian Daerah Maluku sebagai lembaga yang seyogianya mengayomi dan melindungi masyarakat.

’’Institusi Kepolisian mestinya menempatkan posisinya dalam meresponi segala tuntutan dan pengaduan yang disampaikan oleh rakyat secara baik-baik, bukan sebaliknya mengintimidasi dan merepresifitas segala tuntutan yang coba diadukan oleh masyarakat,’’ teriak Koordinator Lapangan HMI Abubakar Soulissa bersama teman-teman saat melakukan demo di pos Kota Ambon,samping Gong Perdamaian, Jumat kemarin (10/10/2014).

Kondisi ini, jelas HMI, tentunya sagat kontras dengan apa yang dicitrakan oleh institusi kepolisian selama ini. ’’Untuk itu, kita dari HMI Cabang Ambon bersepakat untuk melakukan aksi solidaritas sebagai protes kita terhadap cara-cara pelayanan pengaduan masyarakat yang tidak berprikemanusiaan’’.

’’Kami meminta kepada Kapolda Maluku (Murad Ismael) untuk mencopot Kapolres dan Wakapolres SBT dari jabatanya dan segera melakukan proses hukum terhadap (temuan oknum penembakan) yang mengakibatkan tertembaknya salah satu warga SBT. Kami minta Kapolda untuk memberikan sanksi tegas terhadap oknum anggota Polres SBT yang telah melakukan pemukulan dan penganiayaan terhadap ketua umum HMI Cabang Ambon di SBT, mencari dalang atau otak yang telah memicu terjadinya insiden di Kota Bula yang terjadi tanggal 3 Oktober kemarin’’.

HMI juga meminta kepada Kapolda Maluku untuk melakukan pembinaan mental terhadap anggotanya dalam menyikapi berbagai tuntutan dan pengaduan yang di sampaikan masyarakat kepada Bupati SBT Abdulah Vanath untuk mengklarifikasi sekaligus memintah maaf di publik terkait dengan statemen yang mengatakan bahwa HMI sebagai profokator,sehingga terjadinya insiden di Kota Bula pada Jumat lalu. (ev/mg bm 015)
Pilihan 3991129558215251162
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks