Akibat Arus Pendek, Rumah Warga Waihaong Terbakar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Akibat Arus Pendek, Rumah Warga Waihaong Terbakar

Ilustrasi
Ambon - Berita Maluku. Dalam sepekan terakhir, nyaris hampir 20an rumah warga terbakar di sejumlah titik di kota Ambon, Maluku. Warga RT 002/RW 03, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon kembali digegerkan insiden kebakaran yang menimpa rumah La Maedi (44), Jumat (3/10/2014) sekira pukul 11.40 WIT.

Menurut keterangan saksi, Siti Hajar Ambon (14), saat terjadi kebakaran dia tengah duduk di atas motor sambil bermain handphone (Hp) persis di samping rumah La Maedi.

Asyik bermain Hp, saksi mendengar bunyi ledakan dari arah sambungan kabel meteran rumah La Maedi. Setelah bunyi ledakan tersebut, ada percikan api yang menyembul ke arah plafon rumah, dan di situlah terjadi kebakaran.

’’Saya langsung berteriak kebakaran, dan warga berhemburan keluar dari rumah untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya,’’ tutur Siti.

Melihat api begitu cepat membesar, warga langsung menelepon putugas pemadam kebakaran.

’’Saat api mulai membesar, warga lainnya langsung menghubungi pemadam kebakaran kota Ambon yang tiba di lokasi kejadian pada pukul 11.45 WIT. Tiga unit mobil pemadam tiba di lokasi kebakaran, serta anggota polisi juga ikut membantu memadamkan api tersebut. Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.05 WIT,’’ ujar Siti Hajar.

Saat terjadi kebakaran, Suhartini (44) istri La Maedi sedang masak di dapur yang berada di Lantai 1 dan dua anak mereka sedang tidur. Mendengar teriakan dari luar, anak-anak La Maedi keluar kamar dan memberitahukan ibu mereka, jika ada api di lantai dua.

Dituturkan Suhartini, saat terjadi kebakaran, ibu empat anak ini sedang di dapur, dan suaminya sedang bekerja di Kapal Sumber Anugerah di kawasan Dock Wayame. Melihat api semakin membesar Suhartini dan kedua anaknya keluar dari dalam rumah.

’’Saya tidak tahu kalau ada api di lantai dua, karena sedang memasak. Saat anak saya mendengar suara kebakaran dari luar, dia langsung bangun dan memberitahukan saya, jika di lantai dua ada api. Saat terbakar suami tidak ada di rumah, dia sedang bekerja di Dock Wayame,’’ ungkap Suhartini sedih.

Dari kebakaran itu, semua barang berharga di Lantai 2 habis terbakar. Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ajun Komisaris Besar Polisi Bintang Juliana mengatakan, kebakaran diduga karena arus pendek listrik.

’’Hampir seluruh Lantai 2 rumah La Maedi terbakar habis beserta dengan isi-isinya,’’ jelas Bintang.

Akibat kebakaran tersebut, La Maedi mengalami kerugian materil seperti, satu buah TV 21 inc merek politron, empat buah springbet, dan dua buah meja kayu, serta barang kecil lainnya ludes terbakar. Setelah petugas pemadam kebakaran, warga dan Polisi berhasil memadamkan api, situasi di lokasi kebakaran saat ini mulai aman terkendali.

’’Situasi di lokasi kebakaran sudah aman terkendali,’’ jelas Bintang. (ev/mg bm 015)
Pilihan 6164210064139840353
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks