Polandia-MBD Jejaki Kerja Sama Perekonomian, Perdagangan dan Pariwisata | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Polandia-MBD Jejaki Kerja Sama Perekonomian, Perdagangan dan Pariwisata

Ambon - Berita Maluku. Kedutaan Besar Polandia di Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya menjejaki kerja sama di bidang perekonomian, perdagangan, investasi dan pengembangan sektor pariwisata di Daerah Otonom Baru Maluku sejak 21 Juli 2008 silam itu.

Menindaklanjuti surat Kedubes Polandia pada 27 Agustus 2014, Bupati MBD Barnabas Nataniel Orno telah bertatap muka langsung dengan Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Romuald Morawski di Kantor Kedubes Polandia di Jalan H.R. Rasuna Said, Kavaleri X Blok IV/3, Jakarta, Kamis (4/9/2014) lalu.

Menemui staf Kedubes Polandia, Orno menggandeng sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait perintisan kerja sama tersebut.

Dalam tatap muka itu Orno menyampaikan banyak hal khususnya menyangkut potensi sumber daya alam, minyak dan gas, dan potensi wisata MBD yang terbentang dari Lurang, Wetar, Kisar, Kepulauan Romang,  Letti, Moa, Lakor, Meati Miarang, Luang, Babar dan Masela yang kelak bisa dikembangkan melalui dukungan investasi Polandia.

Sementara Morawski berjanji akan mengunjungi Kisar dan sejumlah pulau di MBD yang dikenal punya potensi SDA yang melimpah berikut punya objek wisata yang cantik dan eksotik.

’’Dalam perbincangan antara Pak Bupati MBD (Barnabas Nataniel Orno) dengan staf khusus Kedubes Polandia (Romuald Morawski) dibicarakan soal penjejakkan kerja sama investasi pengembangan wisata maupun sektor lain di MBD. Menurut Pak Morawski, dia tertarik dengan potensi perdagangan, perekonomian dan potensi wisata di MBD,’’ kata Kabag Humas dan Protokoler Sekretariat Kabupaten MBD Pey Pauline Manaha kepada Berita Maluku.Com Minggu (14/9/2014).

Pey ikut saat rombongan Bupati Orno beraudiens ke kantor Kedubes Polandia. 

’’Pak Morawski katakan kendala pengembangan perekonomian, perdagangan maupun pariwisata MBD terletak pada minimnya sarana transportasi dari dan ke sana. Tapi, menurut beliau setelah kunjungannya nanti ke MBD, pihaknya akan mengajak investor-investor di Polandia agar mau menanamkan modal di bidang perekonomian, perdagangan dan pariwisata agar hubungan kerja sama itu bisa membawa manfaat besar bagi perekonomian kedua pihak,’’ lanjutnya.

Dalam perbincangan serius di Kedubes Polandia, Morawski juga bertekad untuk mengalihkan perhatian turis mencanegara dari Bali dan Kupang ke MBD.

’’Selama ini turis asing tak mau datang ke Maluku (MBD, Banda dan pulau-pualu lain) karena kurang sarana transportasi serta fasilitasnya terbatas. Karena itu, mereka lebih memilih Bali, Kupang dan Lombok untuk berlibur. Melalui penjajakan kerja sama itu mudah-mudahan ada harapan pengembangan wisata ke MBD. Harapan Pak Morawski agar ada Bandara yang representative di MBD sehingga sector-sektor yang menjadi andalan MBD bisa segera dikembangkan,’’ pungkas Pey melanjutkan maksud pertemuan Bupati MBD dengan staf Kedubes Polandia. (rony samloy) 
Pilihan 1933840581410341028
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks