Museum Siwalima Ambon Simpan 5.300 Koleksi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Museum Siwalima Ambon Simpan 5.300 Koleksi

Ambon - Berita Maluku. Sejak dibangun tahun 1971, Museum Siwalima Ambon kini sudah menyimpan berbagai jenis benda-benda peninggalan atau benda-benda bersejarah dan lainnya yang jumlahnya sekitar 5.300 koleksi. Benda-benda ini, kini terjaga dengan baik di museum tersebut.

Kepala Museum Siwalima Ambon, Jean Ester Saiya kepada Berita Maluku.Com di ruang kerjanya, Jumat (19/9/2014) mengatakan, ribuan barang koleksi berharga yang berada di museum kebanggaan masyarakat Maluku ini terdiri dari 10 jenis koleksi, antara lain, koleksi geologika seperti bebatuan, biologika, etnografika atau barang-barang hasil karya manusia, arkeologika seperti siput dan lainnya, historika seperti barang peninggalan sejarah kolonial dan lainnya, nomestika-heralolika, filologika atau naskah-nahkah kuno, keramika seperti piring tua dan sejenisnya, teknologika seperti orgen atau alat transportasi dan koleksi seni rupa seperti lukisan atau berbagai kerajinan tangan lainnya.

Semua barang ini tertata dengan rapi dalam ruang koleksi budaya, ruang koleksi kelautan dan ruang koleksi busana (Salah satu ruangan yang baru dibangun).

Sebagian besar barang koleksi berharga ini berasal dari berbagai daerah di Maluku, dan lainnya merupakan barang peninggalan kolonial dan lainnya yang ditaksir berusia ratusan tahun.

Soal keamanan benda-benda koleksi di Museum Siwalima Ambon, perempuan ini mengatakan semuanya aman, bahkan masing–masing koleksi sudah terdata dengan baik.

Keberadaannya pun diatur dengan undang-undang nomor 11 tahun 2010, sebab barang-barang berharga ini merupakan koleksi cagar budaya dan dilarang diperjualbelikan karena merupakan aset negara yang perlu dijaga keberadaannya. (e)
Pilihan 7198975543485572851
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks