Museum Siwalima Ambon Bakal Selenggarakan Lomba Bertutur | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Museum Siwalima Ambon Bakal Selenggarakan Lomba Bertutur

Ambon - Berita Maluku. Museum Siwalima Ambon dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur. Kegiatan ini dikhususkan bagi peserta tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berada dalam wilayah Kota Ambon.

“Lomba bertutur ini hanya untuk tingkat SMU. Lomba ini akan kita selenggarakan pada tanggal 29 September 2014 mendatang,” kata Ketua Panitia Lomba Bertutur, Ny. Jeane Nendissa kepada Berita Maluku di Balai Museum Siwalima, Taman Makmur-Ambon, Kamis (18/9/2014).

Nendissa mengatakan, program lomba bertutur ini dimunculkan salah satunya untuk memeriahkan pesta teluk Ambon, Oktober mendatang sekaligus berkisah tentang peristiwa sejarah di daerah ini.

Dia mengaku, kegiatan lomba bertutur ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan pihaknya. Kendati begitu, cukup banyak peserta berniat terlibat dalam lomba tersebut. Terbukti, ketika pihaknya melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah yang ada di kota Ambon, direspons dengan baik, hingga kini sudah ada 26 peserta yang mendaftarkan diri mengikuti kegiatan lomba tersebut.

Dikatakan, lomba bertutur ini akan melombakan bagaimana bertutur cerita tentang sejarah Kota Ambon dan sejarah Pahlawan Pattimura – Thomas Matulessy. Para peserta lomba akan dinilai langsung oleh tim juri dari pihak Kebudayaan Provinsi Maluku, dan nantinya para pemenang akan diberikan uang tunai dan sertifikat.

PAMERAN BUSANA NUSANTARA

Selain akan menyelenggarakan lomba bertutur, pihak museum Siwalima Ambon juga pada bulan Oktober 2014 akan membuka kegiatan pameran busana nusantara. Pameran ini rencananya akan memamerkan berbagai busana pengantin dari berbagai daerah di tanah air.

Kasubag Tata Usaha Museum Usaha Museum Siwalima Ambon, Ny. Y.F. Uneputty mengatakan, pada ajang ini, busana pengantin dari sebelas kabupaten/kota di Maluku juga ikut memamerkan busana khas daerah masing-masing.

Dipastikan ajang kegiatan yang diselenggarakan ini akan menjadi fokus perhatian tamu dan para pengunjung yang bertandang ke museum satu-satunya milik daerah Maluku ini. (e)
Pilihan 4130546960952608992
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks