Jumlah Penerima Bantuan Keluarga Harapan di Ambon Berkurang dari Tahun ke Tahun | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Jumlah Penerima Bantuan Keluarga Harapan di Ambon Berkurang dari Tahun ke Tahun

Ambon - Berita Maluku. Pemerintah Pusat memberikan bantuan bagi keluarga harapan kepada Pemerintah Kota Ambon yang disalurkan melalui PT.Pos Ambon. secara langsung oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy didampingi Sekretaris Kota Ambon,Anthony Gustav Latuheru dan Kepala Dinas Sosial kota Ambon Wa Ode Muna di Kantor Negeri Amahusu, Jumat (12/9/2014).

’’Tahun lalu (2013) itu juga kita serahkan program ini kepada keluarga harapan yang sudah terdaftar di dalam catatan pemerintah. Maka tahun ini kita serahkan bantuan-bantuan kepada keluarga-keluarga harapan sesuai data yang ada,’’ kata Kepala Kantor Pos Ambon Daniel Uneputty di sela-sela pembagian bantuan.

Uneputty mengakui jumlah bantuan yang disalurkan relative tidak mencukupi kebutuhan para penerima.

’’Memang bantuan seperti ini jika kita lihat ada jumlahnya tidak sama, sehingga keluarga anggap jumlahnya mungkin tidak cukup. Tetapi jangan melihat dari besarnya atau jumlahnya. Pemerintah memberikan bantuan seperti ini sebetulnya merupakan salah satu wujud pelaksanaan amanat UUD 1945 di mana disebutkan dalam Pasal 31 ’Pemerintah wajib memberikan perhatian terhadap fakir miskin’’.

’’Untuk mewujudkan rumusan kewajiban negara pemerintah membuat program-program pemberdayaan yang telah disiapkan anggarannya. Diharapkan lewat bantuan pemberdayaan itu kualitas keluarga yang menerima semakin baik. Harapan kita tahun depan bantuan seperti ini semakin bertambah,’’ pungkasnya.

Walkot Louhenapessy berharap dengan pemberian bantuan tersebut akan berdampak pada pengurangan jumlah keluarga harapan. ’’Harapan kita semakin hari semakin tahun keluarga harapan ini bisa berkurang, sehingga pada saatnya penilaian kita bisa memenuhi standar penilaian,terutama ibu-ibu yang punya anak balita’’.

’’Kenapa saya mengatakan seperti begini karena anak-anak ini sangat penting. Karena itu untuk persiapan semuanya kita harus  berikan gisi tambahan. Hari ini saya akan berikan anggaran pemerintah pusat. Anggaran ini tidak sama,ada yang kecil ada yang besar tergantung dari kriteria-kriteria. Kriteria itu bukan saya yang tentukan dan bukan PT.Pos Cabang Ambon yang terntukan. Ini rekomendasi dari pemerintah pusat. PT.Pos hanya penyalur. Jadi semua administrasi diatur oleh PT.Pos Cabang Ambon’’ .

’’Tahun ini kota Ambon jumlah penerimanya 1399 orang. Tahun lalu itu 1400 sekian. Jadi tahun ini sedikit berkurang. Mungkin ada keluarga yang berhasil membina anggota keluarganya,’’ pungkas Walkot. (ev/mg-bm015)
Pilihan 8502788885774621758
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks