Wawali Apresiasi Debat Calon Kades Waiheru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Wawali Apresiasi Debat Calon Kades Waiheru

Ambon - Berita Maluku. Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina membuka secara resmi Debat Calon Kepala Desa Waiheru. Ada tujuh calon yang mendaftarkan diri untuk mengikuti debat tersebut.

’’Debat ini merupakan perwujudan dan penerapan asas demokrasi dalam sistem pemerintah di daerah. Oleh karena itu, mekanisme pemilihan dipandang sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pemilihan dan menentukan calon pemimpin dalam periodesasi waktu tertentu, ’’ kata Sam Latuconsina di sela-sela perdebatan calon Kepala Desa (Kades) Waiheru, Rabu (20/8/2014).

Latuconsina mengatakan Waiheru merupakan desa definitif dengan ciri tingkat heterogenitas masyarakat yang sangat tinggi, sehingga perlu dilakukan suatu proses demokrasi di tingkat lokal yang diterapkan dalam bentuk mekanisme pemilihan Kades.

’’Proses demokrasi di tingkat lokal melalui meknisme pemilihan kades ini merupakan suatu bentuk dari perwujudan penerapan prinsip Bhineka Tunggal Ika. Pemilihan kepala desa dilaksanakan melalui persiapan, pencalonan,pemungutan suara,dan penetapan’’.

Latuconsina mengharapkan melalui mekanisme ini setiap kandidat atau bakal calon Kades mampu menampilkan visi dan misi sekaligus penjabaran rencana pembangunan yang mampu melaksanakan apabila terpilih untuk periode enam tahun ke depan.

’’Pemkot akan suksesi pemilihan Kades Waiheru semata-mata adalah terpilihnya kades yang defenitif dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan yang baik. Melalui kepemimpinan kades terpilih dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan Badan Permusyaratan Desa, Lembaga Kemasyarakatan, tokoh agama, masyarakat, pemuda, wanita serta komponen masyarakat lainnya di Waiheru’’.

Latuconsina mengimbau masyarakat agar mengikuti jalannya debat kandidat calon Kades Waiheru dengan penuh semangat dan sukacita. (ev/mg-bm015)
Ambon 4338332790258191447
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks