Pemuka Masyarakat Wowonda Tagih Janji Wagub Maluku Aspal Jalan dan Bangun Embung | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pemuka Masyarakat Wowonda Tagih Janji Wagub Maluku Aspal Jalan dan Bangun Embung

Zeth Sahuburua
Ambon - Berita Maluku. Pemuka masyarakat Wowonda Tarsisius Lermatan menagih janji Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua untuk membangun bak penampungan air (embung) untuk memperlancar aktivitas dan produksi hasil pertanian dan pengaspalan jalan kampung sepanjang lebih kurang 300 meter yang dapat menghubungkan satu lorong dengan lorong lain di wilayah itu.

’’Waktu kunjungan calon wakil gubernur Maluku (Zeth Sahuburua) di Wowonda pada Maret 2014, ada janji beliau setelah permintaan tokoh-tokoh masyarakat dalam Balai Desa Wowonda untuk pengaspalan jalan kampung, pembangunan embung dan pembangunan talud sepanjang 1000 meter (atau 1 kilometer). Kalau untuk talud sudah dibangun sepanjang 100 meter (tinggal 900 meter) dan akan dilanjutkan lagi dalam tahun anggaran baru, tapi untuk pengaspalan jalan dan pembangunan embung belum ditepati,’’ ungkap Rony, panggilan akrab Tarsisius Lermatan, kepada Berita Maluku di Ambon, Rabu (6/8/2014).

Menurut Rony, realisasi pengaspalan jalan dan pembangunan embung relatif penting karena pasangan calon gubernur Maluku Said Assagaff dan calwagub Zeth Sahuburua (SETIA) meraih suara sekira 86 persen lebih dari 1.010 pemilih (jumlah penduduk Wowonda sekira 3000an jiwa) saat pemilihan kepala daerah putaran pertama dan putaran kedua pada akhir 2013 dan 11 Maret lalu.

’’Sebagai ketua sekaligus koordinator Kelompok Tani Batlela Lentrantubun Wowonda, Kecamatan Tanimbar Selatan, saya sangat mengharapkan pembangunan embung maupun pengaspalan jalan untuk meningkatkan hasil panen sekaligus menambah pendapatan masyarakat,’’ harap pensiunan pegawai Tata Usaha Fakultas Perikanan Universitas Pattimura Ambon.

Apalagi, lanjut Rony, Wowonda merupakan salah satu desa yang dikategorisasikan miskin di MTB dan Maluku.

’’Kalau proyek-proyek ini sudah direalisasikan, pasti potensi perekonomian Wowonda akan digerakkan dengan maksimal dan pendapatan masyarakat akan bertambah dari waktu ke waktu karena dukungan produksi hasil pertanian,’’ ujarnya.

Melalui kesempatan itu, Rony juga menyerukan kehadiran Bupati MTB Bitzael Silvester Temmar dapat meninjau desa-desa di Tanimbar Selatan maupun Tanimbar Utara untuk melihat langsung kendala-kendala maupun mendengar langsung aspirasi warga di perdesaan-perdesaan yang dikunjungi.

’’Atas nama tokoh masyarakat Wowonda, saya mengharapkan kehadiran Pak Bupati MTB di desa kami untuk melihat langsung persoalan pembangunan di Wowonda,’’ pungkasnya. (bm12/bm01)
Utama 3305471070732421818
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks