Wali Kota Lantik Saniri Lengkap Negeri Nusaniwe | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Wali Kota Lantik Saniri Lengkap Negeri Nusaniwe

Ambon - Berita Maluku. Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy, Selasa (1/7/2014) memimpin upacara pengambilan sumpah dan pelantikan saniri lengkap Negeri Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, masa bhakti 2014-2020.

Acara pelantikan yang didasarkan pada Surat Keputusan. (SK) Wali Kota Nomor 153 Tahun 2013 ini, dipusatkan di Baileo Negeri Nusaniwe dan turut dihadiri para pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Louhenapessy dalam sambutannya mengatakan, saniri lengkap adalah badan legislatif yang memiliki kedudukan yang setara dengan raja, sehingga keduanya harus sejalan dalam melaksanakan tugas pemerintahan didalam negeri. Menurutnya, sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2008 tentang Negeri di Kota Ambon mengisyaratkan agar saniri lengkap dan raja dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab pemerintahan dengan duduk bersama.

"Revisi perda penting untuk mengakomodir seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan, namun implementasi dan semangatnya harus terus menjiwai identitas budaya yang ada di Kota Ambon," ujarnyam.

Salah satu agenda yang harus dipersiapkan oleh saniri lengkap Negeri Nusaniwe adalah pemilihan Raja defeniti, karena raja Negeri Nusaniwe telah berakhir masa jabatannya dan sementara dijabat oleh carateker.

"Karena masa jabatan Raja Nusaniwe telah berakhir, saya harapkan Saniri Negeri Lengkap dapat bekerja mempersiapkan pemillihan raja defenitif yang baru, agar penyelenggaraan di negeri ini dapat berjalan baik,"ungkapnya.

Kesempatan itu juga Louhenapessy meminta agar masyarakat Negeri Nusaniwe dapat menjaga kebersihan pantai mengingat negeri ini merupakan salah satu akses pintu masuk di Kota Ambon.

"Dalam waktu dekat kita akan bersihkan pantai di Negeri Nusaniwe dengan memotong semua pohon pisang yang ada dan menggantikannya dengan pohon trembessy sehingga menambah indah pemandangan dari laut. Karena ini teluk jadi harus kita buat benar-benar indah," pungkasnya.

Dirinya berharap dengan banyaknya event nasional yang akan dilaksanakan di Kota Ambon, maka masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dan laut dari segala jenis sampah, dan dengan dilantiknya saniri lengkap Negeri Nusaniwe dapat semakin mengoptimalkan peran itu (Mia)
Pilihan 8898113513516498531
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks