Saat HUT ke-439 Kota Ambon, Seluruh Guru dan Siswa Kenakan Baju Cele | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Saat HUT ke-439 Kota Ambon, Seluruh Guru dan Siswa Kenakan Baju Cele

Ambon - Berita Maluku. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Beny Kainama berkenaan dengan puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-439 Kota Ambon, 7 September 2014, seluruh siswa dari tingkatan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Ambon selain pakain seragam yang berlaku nasional.

’’Dalam rapat pengadaan pakaian seragam sudah diputuskan pada tanggal 7 September 2014 nanti pakaian tradisional, baju cele akan dikenakan siswa-siswi mulai tingkat SD sampai SMA dan sederajat di Ambon. Pakaian tradisional tersebut, yakni baju cele sebagai baju seragam sekolah,’’ katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (16/7/2014).

Kainama mengatakan upaya Pemerintah Kota Ambon untuk melestarikan pakaian tradisional merupakan wujud dari upaya mempertahankan kepribadian dan kebudayaan lokal di tengah dampak perubahan zaman.

’’Kebijakan ini merupakan sebuah gebrakan baru untuk memperkuat indentitas dan karakter orang Ambon. Baju cele dan baju kurun ini dipakai guru dan siswa pada hari Jumat. Bajunya bermotif warna garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil dan biasa dikombinasikan dengan kain sarung. Baju cele biasa dipakai dalam upacara-upacara adat, seperti acara pelantikan Raja, Cuci Negeri, pesta Panas Pela. Pakaian tradisional ini dipakai untuk melestarikan budaya tradiosional,’’ pungkasnya. (ev/mg-bm015)
Pilihan 7737126216671780102
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks