Ruas Jalan ke Desa Waetina Bursel Memprihatinkan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Ruas Jalan ke Desa Waetina Bursel Memprihatinkan

Ilustrasi
Namrole – Berita Maluku. Sejak wilayah Buru Selatan (Bursel) dimekarkan menjadi kabupaten definitif terlepas dari kabupaten induk Buru sekian tahun silam, sejumlah sarana dan prasarana publik seperti sarana jalan raya di kabupaten ini tidak diperhatikan dengan baik. Padahal, sarana yang satu ini sangat didambakan masyarakat untuk memobilisasi arus perekonomian warga setempat.

Misalnya, sarana jalan yang menghubungkan Dusun Kawalale, Desa Waetina, Kecamatan Namrole yang hingga saat ini tidak diperhatikan, padahal wilayah desa tersebut berada di beranda ibukota kabupaten bertajuk Lolik Lalen Fedak Fena ini.

Bila jalan ini tak diperhatikan, sangat sulit untuk warga menembus pusat kota menggunakan kendaraan roda dua ataupun berjalan kaki sebab jalan ini berliku, berbatu dan licin bila musim penghujan tiba sehingga kerap mengancam keselamatan warga.

“Buru Selatan sudah dimekarkan menjadi kabupaten definitif, tetapi pemerintah daerah tidak membangun sarana jalan menuju desa kami. Ini sangat membuat kami kecewa, padahal desa kita tak jauh dari pusat kota kabupaten. Ini merupakan kurang adanya perhatian pemerintah daerah,” ujar salah satu tokoh pemuda Dusun Kawalale, Viktor Tomanussa kepada media ini di Namrole, Rabu (22/7).

Tomanussa mengaku kesal terhadap kinerja pemerintah daerah setempat dalam hal ini pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Buru Selatan.
Bagaimana tidak, kata dia, sejak tahun tahun 2012 hingga tahun 2013 Pemda Bursel sudah membuat program untuk membuka jalan sekaligus meng-hot mix jalan menuju desa tersebut, namun sayangnya, sampai tahun 2014 ini program pembangunan sarana publik yang satu ini belum juga terealisasi padahal proyek jalan menuju desa ini jaraknya hanya satu kilo meter.

“Pihak PU hanya mengerjakan jalan sampai di Desa Lektama saja, sementara jalan menuju ke desa kita diabaikan. Ini yang membuat kita kesal. Padahal yang kita tahu, program pembangunan jalan ini sampai ke desa kita tapi nyatanya tak ada hingga tahun 2014 ini,” katanya dengan nada heran.

Tomanussa berhap Bupati Buru Selatan Tagop S. Soulissa menyikapi hal ini dan memerintahkan pimpinan Dinas PU Kabupaten Buru Selatan segera membangun jalan ini sekaligus meng-hot mix-nya sehingga masyarakat setempat bisa menikmati pembangunan yang sering digaungkan di kabupaten tersebut. (RN)
Proyek 8159702060193315936
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks