Nelson Lethulur Desak Kejati dan Kejagung Tahan Bupati MBD | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Nelson Lethulur Desak Kejati dan Kejagung Tahan Bupati MBD

Ambon - Berita Maluku. Mantan fungsionaris DPD KNPI Maluku Nelson Lethulur mendesak aparat Kejaksaan Tinggi Maluku dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia segera menangkap dan memenjarakan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Barnabas Nataniel Orno atas dugaan korupsi dana operasional dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat senilai Rp 16,3 miliar.

Pemenjaraan orang kuat MBD ini dimaksudkan untuk membuat efek jera sekaligus menyelamatkan rakyat MBD dari jurang keterpurukan dan kemiskinan akut. ’’Saya minta Kejagung dan KPK segera tangkap dan penjarakan Barnabas Orno (Bupati MBD) atas kasus dugaan korupsi dana operasional MBD sebesar Rp 16, 3 miliar,’’ desak komponen pemuda Maluku Tenggara Barat (MTB) di Ambon, Rabu (23/7/2014).

Nelson meminta Kejati Maluku dan Kejagung mengekspose (memublikasikan) hasil pemeriksaan mantan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) MBD Charles Kapressy serta lebih dari 23 pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berikut sejumlah bendahara dan sekretaris pribadi lingkup Pemerintah Kabupaten MBD agar membawa kepuasan bagi masyarakat.

’’Apapun hasilnya Kejati maupun Kejagung harus umumkan ke publik agar tidak muncul keraguan maupun kecurigaan masyarakat kalau kejaksaan tak serius menangani kasus korupsi dana operasional MBD maupun kasus dana Popmal tahun 2011, kasus proyek Kapal Kalwedo, dan kasus-kasus korupsi lainnya di Pemkab MBD. Kalau Kejati dan Kejagung tak mampu, kami akan lanjutkan kasus dugaan korupsi ini ke KPK di Jakarta,’’ sebut politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Maluku ini.

Bahkan dengan lantang Nelson menantang Abas, panggilan akrab Barnabas Orno, untuk beradu mulut maupun beradu fisik jika pernyataan pribadinya di pers dinilai melecehkan kapasitas mantan Wakil Bupati MTB periode 2006/11 itu.

’’Saya siap baku malawang atau baku pukul dengan Barnabas Orno, catat ini,’’ tegasnya di depan sejumlah fungsionaris DPC PDI Perjuangan Maluku Tenggara dan komunitas pegiat antikorupsi Maluku. (bm 012/bm09/bm015)
Pilihan 6598434012172175492
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks