Calon Paskibra Diharapkan Jadi Penerus Perjuangan Bangsa | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Calon Paskibra Diharapkan Jadi Penerus Perjuangan Bangsa

Ambon - Berita Maluku. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti akan selalu dilaksanakan melalui upacara di tingkat wilayah kabupaten, provinsi maupun nasional.

’’Rangkaian upacara itu, selain berupa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, juga dilakukan pengibaran bendera Merah Putih,’’ kata Penanggung Jawab kegiatan Andre Gomies kepada Berita Maluku di Balai Kota Ambon, Selasa (25/3/2014).

Gomies mengatakan untuk mendukung setiap perayaan Detik-detik Proklamasi, praktis diseleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) di daerah masing-masing.

Dia membeberkan kriteria umum calon Paskibraka adalah siswa Sekolah Menengah Atas dan berusia 16-18 tahun, mempunyai moral dan kepribadian yang baik, etika pergaulan yang baik, mandiri, cerdas, sehat jasmani dan rohani, sigap, tanggap, lincah, tegap, tidak cacat badan dan tidak berkaca mata. Selain itu, tinggi badan calon Paskibra adalah minimal untuk putra 170 cm, sementara putrid bertinggi minimal 165 cm.

’’Para calon harus memiliki pengetahuan umum tentang  daerah, nasional maupun internasional,’’ jabarnya.

Tujuan seleksi itu, lanjut dia, untuk memupuk semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, serta memperoleh calon pemimpin yang berdisiplin dan berbudi luhur, memilih dan menetapkan siswa-siswi calon Paskibraka yang terbaik dari SMA/MA.

Menurut dia, seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Maluku didasarkan pada surat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga provinsi Maluku nomor: 427/68/2014 tanggal 26 Februari 2014 tentang Pemberitahuan Seleksi Calon Paskibraka.

Untuk pelaksaannya, terang dia, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga melakukan rapat koordinasi bersama pengurus purna Paskibraka Indonesia. Dia harapkan para calon Paskibra nanti menjadi penerus para pejuang dan memiliki rasa Nasionalisme tinggi dan selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(ev/mg-bm 015)

Ambon 3944944553775143677
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks