Waspadai Penyakit Kencing Tikus di Ambon, Ananta: 3 Penderita Meninggal Dunia | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Waspadai Penyakit Kencing Tikus di Ambon, Ananta: 3 Penderita Meninggal Dunia

Ambon - Berita Maluku. Penyakit kencing tikus (Leptospirosis) saat ini merambah Kota Ambon ibu kota Provinsi Maluku dengan tiga penderita diantaranya meninggal.

Dirut RSUD dr M Haulussy, dr Sri Ananta di Ambon, Selasa membenarkan tiga dari 15 penderita penyakit kencing tikus meninggal dunia.

"Satu penderita terakhir, kemarin (Senin) baru menjalani rawat nginap, sedangkan 11 lainnya telah sembuh," ujarnya.

Sri Ananta yang didampingi Kabid Pelayanan dr.M. Haulussy Ambon, dr.Iriani Sutiksno menyarankan penderita yang mengalami gelaja tertular penyakit tersebut segera dibawa ke rumah sakit agar dokter melakukan diagnosa agar para medis melakukan penanganan secara teratur.

"Jangan menunggu sampai penderita tergolong parah barulah dibawa ke rumah sakit," katanya.

Penyakit kencing tikus berasal dari kencing atau kotoran hewan tikus. Sering menjangkiti manusia terutama ketika terjadi banjir.

Gejala penyakit kencing tikus tahap pertama yakni penderita akan memiliki gejala yang mirip dengan flu yaitu sakit kepala, nyeri otot, muntah, demam tinggi dan kadang kala disertai ruam dikulit.

Tahap kedua penderita akan merasakan gejala yang sama seperti pada tahap awal. Gejala yang terjadi selanjutnya tergantung pada tingkat seberapa parah infeksi tersebut dan bisa juga disertai dengan penyakit kuning (kulit dan mata kuning), mata merah, sakit perut serta diare.

Gejala bisa juga mirip dengan penyakit meningitis. Pada kasus yang parah, infeksi ini juga menyebabkan kegagalan fungsi hati dan ginjal. Penderita bisa meninggal karena gagal jantung, hati dan sistem pernapasan.

Cara pencegahan adalah saat hendak masuk ke air harus menutup semua luka seperti goresan dan lainnya dengan plester anti air, gunakan perlindungan seperti sarung tangan serta cuci dan bersihkan segera setelah kamu keluar dari dalam air.

Selain itu bersihkan dengan hati-hati luka yang didapat saat sedang berada dalam air tawar dan budayakan hidup bersih.

Penyakit kencing tikus yang disebut Leptospirosis juga dikenal sebagai demam canicola, demam ladang tebu dan demam 7-hari. Penyakit ini pertama kali dilaporkan pada 1886 oleh Adolf Weil sehingga disebut juga sebagai penyakit atau sindrom Weil. (ant/bm 10)
Utama 6540926284152050094
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks