Program Kota Musik, Pemkot Ambon Usul Unpatti Buka Prodi Seni Budaya | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Program Kota Musik, Pemkot Ambon Usul Unpatti Buka Prodi Seni Budaya

Ambon - Berita Maluku. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengusulkan Universitas Pattimura (Unpatti) membuka program studi (prodi) seni dan budaya guna mendukung Program Ambon sebagai Kota Musik.

"Sejak mencanangkan Ambon sebagai Kota Musik tahun 2011, Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku berupaya Universitas Pattimura membuka program studi baru seni dan budaya," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Senin (7/10/2013).

Menurut dia, guna mewujudkan upaya tersebut pihaknya bersama Ketua DPRD Kota Ambon Reinhard Toumahuw dan Rektor Unpatti Thomas Pentury akan menemui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) di Jakarta.

"Kami akan bertemu Dirjen Dikti untuk menyampaikan pembukaan prodi baru di Unpatti sebagai upaya pengembangan bakat dan mendukung Program Ambon sebagai Kota Musik," katanya.

Richard mengatakan seni musik dan budaya bagi masyarakat Ambon saat ini hanya dituangkan dalam bentuk hobi tetapi belum ada infrastruktur penunjang.

"Padahal pada kenyataannya seni musik memberikan kontribusi dan nilai ekonomis tersendiri, jika dikelola secara maksimal dan didukung manajemen yang baik," ujarnya.

Ia menjelaskan berbagai kebijakan publik mewujudkan hal tersebut telah dilakukan melalui program pemerintah maupun masyarakat, tetapi pihaknya masih menghadapi kendala dengan keterbatasan infrastruktur pendukung.

"Kami berkomitmen menjadikan Ambon sebagai Kota Musik, karena itu harus ditindaklanjuti dengan pembukaan prodi. Hal ini harus menjadi prioritas untuk diperjuangkan," tandasnya.

Langkah selanjutnya, kata Richard, seni dan budaya akan dijadikan mata pelajaran muatan lokal di sekolah agar hal ini tidak hanya menjadi hobi.

"Kami berupaya memperkenalkan musik sejak dini kepada anak-anak dalam pendidikan formal, dengan cara penerapan musik sebagai kearifan lokal melalui mata pelajaran muatan lokal," katanya. (ant/bm 10)
Ambon 3745107792730377777
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks