KMP Wayangan Akan Layani Jalur Ambon - Buru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

KMP Wayangan Akan Layani Jalur Ambon - Buru

AMBON – BERITA MALUKU. Kapal motor penyeberangan (KMP) Wayangan yang baru tiba di Ambon akan melayani jalur pelayaran dari pelabuhan Galala, Kota Ambon menuju pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru.

"Penempatan KMP Wayangan yang baru tiba di Ambon untuk menggantikan KMP Inalika yang akan memasuki masa perawatan (doking),"kata Syamsudin Tanassy Manajer Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon, Selasa (21/5).

Dia memastikan operasional KMP Warangan pada minggu terakhir bulan Mei 2013 karena dokumen berlayar sedang diurus.

KMP Wayangan merupakan feri yang baru selesai dibuat tahun 2013 dan langsung diserahkan oleh ASDP Pusat kepada ASDP Cabang Ambon sebagai pengelolanya.

Karena itu kapal feri tersebut ditempatkan pada jalur lintasan pelabuhan Galala - Namlea, mengantikan KMP Inalika.

"Ini berita gembira juga bagi masyarakat Kabupaten Buru sebab KMP Inalika naik dok penggantinya adalah KMP Wayangan yang merupakan kapal baru," ujarnya.

Dia menjelaskan, operasional KMP Wayangan guna menggantikan KMP Inalika yang merupakan satu-satunya feri yang melayari rute Ambon - Namlea.

"tetapi sewaktu-waktu jalur operasinya bisa dialihkan jika KMP Inalika telah selesai doking, termasuk mengisi jalur Hunimua (Pulau Ambon) - Waipirit (Seram bagian barat). Semuanya diatur sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Pengoperasian KMP Wayangan menambah jumlah feri yang saat ini dikelola ASDP Cabang Ambon yakni 10 unit, dengan melayari beberapa rute diantaranya Hunimua - Waipirit, Tulehu (Pulau Ambon)- Haruku-Saparua, penyeberangan Galala-Poka (Kota Ambon), Galala -Ambalauw -Namrole-Leksula (Buru selatan).

"Yang jelas kalau ada masalah pada satu lintasan terutama kapal mengalami kerusakan dan harus diperbaiki, maka feri dari jalur lain akan dikerahkan untuk menutupinya, sehingga tidak terjadi kekosongan transportasi," katanya.
Perhubungan 6966265135868899712
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks