Keempat Kali Kapal Pesiar Australia Kunjungi Kisar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Keempat Kali Kapal Pesiar Australia Kunjungi Kisar

KISAR – BERITA MALUKU. Selain Kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku, mungkin Pulau Kisar menjadi satu-satunya ibu kota Kabupaten di daerah ini yang kerap disinggahi kapal pesiar berpenumpang turis asal Australia, China dan Jepang dalam kurun lima tahun terakhir.

Maklum saja, sejak menjadi ibu kota de facto (interim) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada 16 September 2008 hingga 2012, terhitung sudah empat kali kapal pesiar Orion asal Australia datang menyinggahi Kisar.

’’Kalau dalam tiga kali kunjungan sebelumnya turis-turis mancanegara menggunakan Kapal Pesiar Orion I. Nah, dalam kunjungan kali ini mereka gunakan kapal yang serupa namun ukurannya sedikit lebih kecil. Karena itu kapal itu memakai nama Orion II,’’ terang Onisimus Simara Dahoklory, salah satu kepala seksi Dinas Pariwisata Kabupaten MBD di sela-sela penyambutan dan tur internasional ratusan turis asal Australia dan China di seputaran objek wisata Pantai Kiasar, Desa Oirata, Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, Rabu (7/11) kemarin.

Dahoklory menyebutkan, dibanding tiga kunjungan sebelumnya, kunjungan para bule lanjut usia itu hanya sesaat sehingga mereka hanya bisa memotret eksotisme pantai-pantai di Kisar dan suguhan tarian perang (kerpopo) asal Oirata.

’’Kalau tiga kunjungan sebelumnya, para turis melihat situs-situs bersejarah, baik rumah Raja Wonreli, benteng Kota Lama (Delfshaven), benteng Pantai Nama (Vollenhaven), kerajinan tenun ikat, dan minum sopi (miras tradisional Kisar), tapi kali ini karena jadwal para turis itu padat, mereka tak bisa ke tempat-tempat bersejarah tersebut,’’ paparnya memberi alasan.

Kisar memang punya keunikan dibanding pulau-pulau lain di Maluku. Kontur tanahnya yang tandus menyebabkannya alamnya bak replika alami Yerusalem, Israel. Di Kisar pun terdapat perkampungan khusus warga campuran (mestizen) Belanda dan Jerman yakni Negeri Kota Lama. Ada juga marga di Kisar yang punya keterkaitan emosional dengan orang Yahudi.

Secara geografis maupun geostrategis, Kisar merupakan salah satu pulau terluar dan berbatasan langsung dengan Negara lain, terutama dengan Timor Leste. Ikut dalam penyambutan para turis asal Australia dan China tersebut, Kepala Dinas Pariwisata MBD Jhon R. Yoltuwu. (rony samloy)

Pariwisata 3614532367181730002
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks