Sulitnya Akses Masuk ke Benteng New Victoria Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Sulitnya Akses Masuk ke Benteng New Victoria Ambon

Tiwery: Perlu Ada Koordinasi Pemkot dan Kodam

AMBON – BERITA MALUKU. Benteng New Victoria adalah salah satu situs bersejarah peninggalan bangsa Eropa yang letaknya di kota Ambon, namun sayangnya situs tersebut sangat sulit diakses oleh insan didik di Maluku yang ingin mengetahui sejarah masa lalu daerah ini. Pasalnya, Benteng New Victoria kini sudah dijadikan sebagai Markas Kodam XVI Patimura.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya, Nus Tiwery kepada Beritamaluku.com Sabtu (22/9) berharap, Pemerintah Provinsi maupun kota Ambon dapat berkoordinasi dengan pihak Koda XVI Pattimura, sehingga kedepan nanti tidak lagi ada penggahalang bagi para siswa ketika ingin mempelajari situs bersejarah tersebut.

“Pemerintah maupun pihak Kodam harus punya sebuah solusi untuk akses masuk ke Benteng New Victoria oleh anak didik di daerah ini, jika tidak maka anak didik tidak mengetahui lebih jauh keberadaan situs tersebut di daerah mereka,” pinta Tiwery.

Tiwery juga minta pemerintah agar memelihara serta mengembangkan sejarah dan Budaya yang ada di Maluku, sehingga kedepan nanti jika ada event-event kebudayaan yang diselenggarakan didaerah ini, maka mmasyarakat maupun para wisatawan dapat menikmati situs-situs tersebut.

Tiweri mengingatkan kepada masyarakat sebagai pemilik budaya agar tetap dinamis dalam menjaga serta melestarikan aset-aset sejarah dan kebudayaan yang ada di daerah ini. Selain itu juga masyarakat tidak perlu menunggu sampai pemerintah mengembangkan sejarah dan kebudayaan yang ada di daerahnya, sebab aset sejarah dan kebudayaan didaerah adalah milik rakyat setempat," jelasnya.

Menuru Tiwery, pemerintah perlu membuat sebuah terobosan baru yakni dengan menyelenggarakan pesta rakyat setiap tahun, agar masyarakat dapat bebas mengekspresikan kebudayaan yang dimilikinya.

“Pesta rakyat itu harus menjadi event paten demi perkembangan kebudayaan khususnya bagi insan didik di Maluku,” jelasnya. (BM 14)
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks