Gubernur Maluku Resmikan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Maluku Resmikan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon

AMBON – BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Karel A Ralahalu, akhirnya meresmikan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Jumat (28/9).

Peresmian diawali penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Maluku dan Rektor Unpatti, Prof. DR. Thomas Pentury di Ruang Auditorium Unpatti Ambon, setelah itu Gubernur melanjutkan peletakan batu pertama pembangunan gedung Rumah Sakit (RS) Pendidikan Regional Provinsi Maluku, di desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, 

Rumah Sakit pendidikan Regional Provinsi Maluku rencananya akan memiliki bangunan setinggi 5 lantai yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 400 Milyar.

Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan, rencana mendirikan Fakultas Kedokteran bukanlah hal yang mudah namun memiliki suatu usaha yang panjang serta didukung oleh semua pihak sehingga tercetuslah kesamaan visi untuk mewujudkan sebuah Fakultas Kedokteran dan pendirian Rumah Sakit Pendidikan di daerah ini.

Menurutnya, dengan adanya Fakutas Kedokteran ini diharapkan dapat menciptakan dokter-dokter muda yang berkualitas, hal itu ditopang juga dengan potensi dan sumber daya orang Maluku dibidang kedokteran yang sungguh luar biasa dimana terdapat banyak guru besar, dosen dari kalangan kedokteran yang berjasa bagi bangsa dan negara ini.

Sementara itu Rektor Unpatti, Prof. DR. Thomas Pentury dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Fakultas Kedokteran di Maluku bukanlah sebuah impian tetapi semua itu lahir dari kerinduan pemimpin besar, pemimpin visioner untuk memberikan yang terbaik bagi anak bangsa di bumi Maluku selain juga kerinduan menjawab impian masyarakat Maluku untuk memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas.

Menurut Pentury, sebuah perjalanan panjang telah dilalui dengan berbagai suka duka dimana masyarakat Maluku secara umum dan civitas Universitas Pattimura Ambon bisa berbangga memiliki Fakultas Kedokteran, karena dengan hadirnya Fakultas ini tidak hanya akan menyediakan akses lebih luas bagi putra-putri terbaik Maluku untuk memperoleh pendidikan kedokteran yang relatif lebih murah tetapi juga berkualitas.

Pentury menjelaskan, bahwa hadirnya Fakultas Kedokteran di bumi Maluku memberikan banyak dampak positif, diantaranya mempercepat pemenuhan kebutuhan dokter di berbagai daerah di Provinsi Maluku dan sekitarnya, mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran terutama melalui penelitian yang berkaitan dengan kekhasan sumber daya Maluku.

Selain itu juga mendorong kualitas pendidikan SMA di Maluku dapat meningkat dan adanya dampak psikologi yakni hadirnya fakultas kedokteran di Maluku memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Maluku. (BM 10)

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks