SMAN 12 Ambon Juara I Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

SMAN 12 Ambon Juara I Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar

AMBON – MALUKU. Setelah melewati babak penyisihan bersama 18 sekolah lainnya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 12 Ambon akhirnya tampil sebagai juara pertama Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal MPR RI di Kota Ambon Provinsi Maluku, berlangsung di Baileho Siwalima, Karpan Ambon, Selasa (24/7).

Prestasi yang diraih SMAN 12 Ambon merupakan kecepatan dan ketepatan dalam menyimak serta menjawab soal-soal yang dilontarkan, sehingga mereka mampu mengungguli lawan-lawannya dari SMAN Siwalima Ambon, dan SMAN 1 Taniwel Kabupaten SBB pada babak semi final.

Selain juara pertama diraih SMAN 12 Ambon dengan memperoleh nilai 100, juara kedua diraih SMAN Siwalima Ambon dengan total nilai 80, sementara juara tiga diraih SMAN 1 Taniwel Kabupaten SBB dengan total nilai 30.

Ketiga sekolah terbaik yang bertarung pada lomba ini masing-masing menerima piala dan piagam, sementara Juara pertama selain mendapatkan piala dan piagam juga akan mewakili Provinsi Maluku untuk mengikuti lomba Cerdas Cermat 4 Pilar pada tingkat Nasional di Jakarta tahun ini.

Lomba ini diikuti sebanyak 180 siswa, dari sebanyak 18 Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta (SMA/SMK) Provinsi Maluku setelah melalui proses seleksi tingkat sekolah.

Sekolah-sekolah tersebut antara lain, SMAN 1 Taniwel, SMAN 1 Ambon, SMK PGRI Dobo, SMAN 2 Kairatu, SMAN PGRI 1 Ambon, SMAN 1 Pulau-Pulau Terselatan, SMAN 2 Kei Kecil, SMA Terpadu AL-Ikhlas Tual, SMK SPP Promal Passo, SMAN 13 Ambon, SMAN 1 Masohi, SMAN Siwalima Ambon, SMAN 1 Tanimbar Selatan, SMAN 3 Ambon, SMAN 11 Ambon, SMAN 12 Ambon ,SMAN 1 Seram Barat, dan SMAN Geser.

Dalam sambutan Pimpinan MPR RI, yang dibacakan delegasi MPR Ketua Kelompok Kerja VI H TB Soenmandjaya SD, Selasa (24/7) di Baileo Siwalima, karang panjang-Ambon, mengatakan tujuan pelaksanaan cerdas cermat tersebut adalah untuk menghasilkan kader-kader generasi penerus yang handal sehingga nila-nilai yang terkandung dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dapat dipahami secara utuh, meyeluruh dan berkelanjutan. atas dasar itulah maka cerdac cermat ini menjadi sangat penting sebagai bagian dari metode sosialisasi agar nilai-nilai yang terkandung dapat dipahami8 dan menjadi dasar dalam mewujudkan visi Indonesia ke depan.

Sementara Assisten II Setda Provinsi Maluku, Burhan Bandjar pada kesempatan yang sama dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap kegiatan ini sebagai model uji kemampuan pengetahuan dan pemahaman serta penguasaan materi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus pula wahana penguatan wawasan kebangsaan generasi muda kita.

Gubernur mengharapkan kepada para siswa yang mengikuti kegiatan perlombaan ini, agar tidak hanya sebatas penguasaan pengetahuan semata, melainkan jauh lebih penting adalah pemahaman yang substansial dan komprehensif tentang nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, yang pada akhirnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (bm 14)
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks